Home » Cara Screenshot iPhone X, 11, 12, 13, 14, 15
screenshot iPhone

Cara Screenshot iPhone X, 11, 12, 13, 14, 15

screenshot iPhone

Cara screenshot iPhone Screenshot merupakan fitur penting dalam penggunaan iPhone. Bayangkan saja, Anda bisa menyimpan momen penting dari layar ponsel Anda hanya dengan sekali klik. Baik itu untuk menyimpan percakapan penting, menangkap momen lucu dari media sosial, atau bahkan untuk keperluan pekerjaan, screenshot membantu Anda mengabadikan apa pun yang tampak di layar iPhone Anda. Dan dengan berbagai model iPhone yang tersedia, tentu saja, kita perlu tahu bagaimana cara melakukan screenshot di berbagai model tersebut.

Daftar Model iPhone yang Akan Dibahas

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara screenshot pada beberapa model iPhone terpopuler, mulai dari iPhone X hingga yang terbaru, iPhone 15. Dengan begitu, Anda tidak akan ketinggalan meskipun menggunakan model iPhone yang berbeda-beda.

Cara Screenshot pada iPhone X, 11, 12, 13, 14, dan 15

Langkah Mendetail Cara Screenshot dengan Home Button dan Tombol Volume

screenshot iPhone
soure: Apple Support

Untuk model iPhone yang masih memiliki tombol Home seperti iPhone X, 11, 12, 13, dan 14, serta tombol Volume, langkahnya sangat sederhana. Cukup tekan dan tahan tombol Home atau tombol Volume bersamaan dengan tombol Daya (Power) di sisi ponsel. Anda akan mendengar bunyi kamera yang menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Gambar screenshot Anda akan tersimpan di galeri foto Anda.

Cara Lain Screenshot Menggunakan Gesture

Bagi pengguna iPhone 15 atau model-model terbaru yang tidak lagi memiliki tombol Home, Anda bisa menggunakan gesture untuk mengambil screenshot. Caranya cukup mudah, cukup tekan dan tahan tombol Daya (Power) bersamaan dengan tombol Volume naik atau turun secara bersamaan. Setelah melakukannya, Anda akan melihat preview screenshot di sudut kiri atas layar sebelum disimpan ke galeri foto Anda.

Baca Juga:  Cara Menghemat Baterai iPhone

Alternatif Cara Screenshot iPhone

assistive touch
source: APK Pure

Selain dua cara utama di atas, masih ada beberapa alternatif lain untuk mengambil screenshot di iPhone Anda. Salah satunya adalah menggunakan AssistiveTouch. Anda bisa mengaktifkannya melalui pengaturan aksesibilitas dan menyesuaikan tindakan satu kali, seperti mengambil screenshot, ke tombol AssistiveTouch. Setelah diatur, cukup tap tombol AssistiveTouch dan pilih opsi screenshot untuk mengambil tangkapan layar.

Tips dan Trik Tambahan

Pengaturan yang Mungkin Perlu Disesuaikan untuk Mengoptimalkan Screenshot

Untuk mengoptimalkan pengalaman pengambilan screenshot Anda, ada beberapa pengaturan yang mungkin perlu Anda sesuaikan. Salah satunya adalah memastikan bahwa suara kamera yang menandai pengambilan screenshot tidak dimatikan. Anda bisa menemukan opsi ini di Pengaturan > Suara & Haptik. Pastikan opsi “Bunyi Kamera” atau “Sentuh Bunyi” diaktifkan.

Aplikasi Pihak Ketiga yang Berguna untuk Pengeditan Screenshot

Setelah mengambil screenshot, mungkin Anda juga ingin melakukan sedikit pengeditan sebelum membagikannya atau menyimpannya. Untuk itu, ada banyak aplikasi pengeditan foto yang tersedia di App Store. Beberapa aplikasi populer seperti Snapseed, Adobe Photoshop Express, atau Canva dapat membantu Anda mengedit screenshot dengan cepat dan mudah sesuai kebutuhan Anda.

Dengan mengetahui berbagai cara mengambil screenshot dan tips tambahan untuk mengoptimalkan pengalaman Anda, Anda sekarang siap untuk memanfaatkan fitur screenshot pada iPhone Anda sepenuhnya. Jadi, mulailah mengabadikan momen-momen penting atau hal-hal menarik yang Anda temui di layar iPhone Anda dengan percaya diri!

Post navigation

Leave a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara mengatasi iPhone yang stuck di logo

Penyebab dan Solusi IMEI iPhone Terblokir

Cara Menghemat Baterai iPhone

Lupa Password iCloud dan Cara Mengatasinya